Rabu, 07 Januari 2009

OBAT DISPENSING MURAH?

Pada suatu sore datanglah seorang bapak berusia sekitar 55 tahun ke Apotik. Si Apoteker yang sudah lama mengabi di Apotiknya tersebut langsung keluar menemui si Bapak tadi.

Apoteker ; Mau beli obat apa pak?
Si Bapak : Bapak apotekernya ya?
Apoteker : betul pak ! ada yang bisa saya bantu?
Si Bapak : Begini pak, seminggu yang lalu saya berobat ke dokter, saya merasa sakit di persendian tulang kaki dan juga pinggul saya. Dokter memberi saya obat.Ternyata obat itu cocok sekali buat saya. Baru dua kali makan , penyakit saya lansung hilang. Bapak punya obat ini ngak ?. namanya kaditic, alofar dan carbidu.
Apoteker : oh ini.. ada pak! Bapak perlu berapa?
Si Bapak : oh! ada ya pak?, pahadal sudah 5 apotik saya cari dari tadi pak, ngak ada yang punya pak !. boleh saya minta masing-masing 2 lembar saja?
Apoteker : bapak punya resep nya ngak?
Si Bapak : wah ngak ada pak! Soalnya kalau ke dokter lagi , saya ngak cukup uang pak!
Apoteker : ya boleh pak.. tapi kalau nanti kambuh lagi .. Bapak ke dokyter lagi ya!
Si Bapak : oh ya tentu pak ! harganya berapa semua ?
Apoteker : kalau masing-masing 2 lembar maka harganya Rp. 14.000,- pak?
Si Bapak : ah yang benar pak! Apa ngak salah tuh?
Apoteker : benar pak.. ngak salah!
Si Bapak : tapi obatnya asli ngak?
Apoteker : asli pak ,, dijamin! Emang kenapa pak?
Si Bapak : kok murah amat ya?
Apoteker : memangnya bapak dulu beli berapa?
Si Bapak : saya sendiri ngak tahu harganya.. kan langsung di kasih dokter? Saya kira harganya diatas 30 ribuan lah, soalnya dulu saya bayar 80 ribu ke dokter langsung sama obatnya...
apoteker : kalau Bapak mau bayar 30 ribu sama saya, boleh-boleh aja pak? Dengan senang hati saya terima .
si Bapak : boleh saja pak, saya mau bayar 30 ribu sama Bapak, tetapi nanti-nanti saya ambil lagi tapi tanpa resep ya pak?
Apoteker ; ha.ha..ha ,, cuma bercanda aja kok pak!
Si Bapak : Ok..terima kasih ya ..!!

1 komentar:

hisfarma mengatakan...

Di satu sisi dokter ngomong obat mahal bagus karena ada komisinya, disisi lain dokter menggunakan obat murah yang mungkin dianggap murahan oleh temannya agar mendapatkan untung besar untuk dispensing. Disinilah perlunya kejujuran dari semua profesi kesehatan termasuk apoteker, demi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan kesehatan.